Orang Betawi Bangga Bisa Tampilkan Kesenian dan Budaya untuk KTT Asean

Kian Dikenal di Kancah Internasional

banner 468x60

PECIMERAH.COM – Warga masyarakat atau orang Betawi mengapresiasi rencana Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk menampilkan seni dan budaya dalam penyambutan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Asean 2023. Hal tersebut akan menjadi kebanggaan kalangan pecinta budaya Betawi.

Zainuddin atau yang dikenal dengan sapaan Bang Oding, Wakil Ketua Majelis Amanah Persatuan Kaum Betawi mengatakan, penyelengaraan KTT Asean yang akan dipusatkan di JCC Senayan, tentu akan menjadi semakin merah dengan tampilan budaya Betawi, contohnya kesenian tanjidor. Hal tersebut merupakan kesempatan langka untuk dapat menampilkan kesenian Indonesia di kancah Internasional.

“Secara khusus saya menyampaikan rasa bangga dan terimakasih yang tinggi kepada Pj Gubermur Heru Budi Hartono dengan melalui kebijakannya telah secara langsung mengangkat adat budaya Kaum Betawi dalam KTT ASEAN tahun ini,” ujarnya, Rabu (3/5/2023).

Ia menambahkan, tampilnya anak-anak sekolah dengan pakaian adat Betawi serta para abang none tentu akan mampu menunjukkan ciri khas Jakarta tentang kebetawiaannya. Bang Oding yang juga menjabat sebagai Ketua Bamus Betawi 1982 tersebut menyatakan kesiapannya untuk berkolaborasi dengan Pemprov DKI dalam menyukseskan KTT Asean 2023.

Hal senada diungkapkan Ketua Majelis Amanah Persatuan Kaum Betawi Marullah Matali. Menurutnya, dengan keterlibatan ini orang Betawi pasti menyambut gembira penyelenggaraan KTT ASEAN 2023. “Mudah-mudahanan ke depan adat istiadat dan budaya betawi bisa lebih membumi di tanah betawi sekaligus menjadi ciri khas kehidupan Kota Jakarta,” ujar Marullah.