596 RW Se-Jakarta Barat Gelar Musrenbang

Program Pembangunan 2025

banner 468x60

PECIMERAH. COM – Sebanyak 586 RW Se-Jakarta Barat telah menggelar pra musyawarah perencanaan pembangunan (Musrenbang) 2025 ke masing-masing kelurahan. Masing-masing rukun warga tersebut mengusulkan sebanyak lima kegiatan.

“Kemudian dilanjutkan survei lapangan terkait usulan-usulan masyarakat oleh tim teknis. Survei berlangsung minggu keempat bulan Januari hingga awal Februari,” ujar Kepala Suku Badan Perencanaan Pembangunan Kota (Subanpeko) Jakarta Barat, Ichsan Tasik, Jumat (5/1/2023).

Saat ini, setiap kelurahan tengah menyosialisasikan yang diikuti pendamping, RW, lurah dan camat. Untuk pelaksanaan pra musrenbang akan berlangsung hingga ketiga Januari 2024.

Dari seluruh banyak usulan, pembangunan fisik berupa perbaikan jalan dan saluran merupakan yang terbanyak disampaikan RW. “Sementara non fisik seperti sosialisasi dan pelatihan satpam,” imbuh Ichsan.

Ia menambabkan, pendamping pada pelaksanaan Musrenbang 2025 berjumlah satu orang untuk 5 RW. Tugasnya melakukan penginputan hasil usulan masyarakat yang telah disurvei tim teknis.

“Sebelumnya, satu pendamping untuk satu RW dengan 25 usulan masyarakat. Saat ini, satu pendamping untuk 5 RW dengan jumlah usulan sama,” ujar dia.

Jufri, Lurah Meruya Utara mengatakan, pihaknua telah pelaksanaan pra Musrenbang di RPTRA Nusa Indah pada Kamis (4/1/2023). Acara tersebut diikuti oleh RW 03, 05, 06, serta 08.

Dia mengatakan, “Kegiatan ini dilakukan sebagai bentuk penyerapan aspirasi masyarakat terkait kebutuhan di wilayah masyarakat.”