Jakarta Bakal Punya Tiga Hutan Baru

Ruang Terbuka Hijau

Ilustrasi ruang terbuka hijau (Dok Pemkot Jakarta Pusat)
banner 468x60

PECIMERAH.COM – Masyarakat DKI Jakarta bakal memiliki tiga unit hutan kota baru. Rencananya, pembangunan ruang terbuka hijau tersebut akan dimulai April 2024 mendatang.

Ketiga hutan kota yang akan dibangun masing-masing yaitu, Jalan Sawo Kecik Jakarta Timur dengan luas mencapai 2.300 meter persegi. Selain itu, akan juga dibangun RTH di Ujung Menteng Baru Jakarta Timur seluas 7.700 meter persegi dan di Jalan Pinang II Jakarta Selatan yang luasnya mencapai 6.000 meter persegi.

“Target pembangunannya dimulai April 2024 mendatang,” ujar Kepala Pusat Data dan Informasi Pertamanan dan Hutan Kota DKI Jakarta, Ivan Murcahyo, Selasa (23/1/2024).

Nantinya, lahan hutan kota di tiga lokasi tersebut juga akan dilengkapi sejumlah fasilitas pendukung. Di antaranya, toilet, jalur pedestrian, lapangan olahraga, area parkir, jogging track, outdoor gym, tempat duduk, pos jaga, serta lampu penerangan.

Sedangkan jenis pohon yang akan ditanam sebagian besar merupakan pohon pelindung. Ivan mengatakan, “Tahap perencanaan sudah selesai dan telah memasuki tahapan kerangka acuan kerja (KAK).”