Muda Jakarta Ajak Ibu-Ibu PKK Berani Tampil di Depan Publik 

Pelatihan Public Speaking

Pelatihan Public Speaking Mastery yang digelar Muda Jakarta dan SPM Media (Foto: Dok Muda Jakarta)
banner 468x60

PECIMERAH.COM – Tidak semua orang mampu berbicara secara baik di hadapan publik atau audiens. Terkadang rasa gugup bahkan takut yang kerap menguasai diri sehingga pesan yang hendak disampaikan tidak dapat diterima para pendengar.

Hal tersebut diungkapkan Adhe Riatin, Founder Komunitas Juara, selaku pemateri dalam pelatihan Public Speaking Mastery yang digelar Komunitas Muda Jakarta. Acara yang diikuti sekitar 60 kader Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga, (TP PKK) tersebut dilaksanakan di Aula Kecamatan Kembangan, Jakarta, pada Rabu (13/9/2023).

“Meskipun kemampuan berbicara di depan umum merupakan keterampilan yang penting, tapi masih banyak individu yang masih belum sepenuhnya menguasai aspek-aspek yang diperlukan sebagai pembicara efektif,” ujar Adhe.

Oleh sebab itu, dalam pelatihan yang diikuti oleh kalangan ibu-ibu PKK ini, Adhe berharap kemampuan dasar berkomunikasi di hadapan publik bisa diterapkan dengan baik. Misalnya, kaum ibu bisa lebih berani tambil berbicara di hadapan publik dan mampu menguasai diri dari rasa gugup maupun takut.

Selain itu, peserta pelatihan juga diharapkan dapat menyusun kalimat pembukaan dengan efektif. Adhe menjelaskan, kalimat pembukaan yang baik tentu akan dapat menggugah kesadaran audiens untuk terus menyimak materi pembicara hingga tuntas.

“Kalimat pembuka bisa berbentuk cerita, data-data yang akurat bahkan suatu perumpamaan sehingga materi akan jauh lebih dipahami dan terkesan menarik,” kata Adhe.

Joko Supano, Camat Kembangan mengatakan, peserta pelatihan terdiri dari para kadera PKK baik tingkat kecamatan maupun enam kelurahan yang ada di wilayahnya. Ia mengapresiasi kegiatan yang diinisiasi Komunitas Muda Jakarta ini karena akan memberikan pengetahuan maupun pengalaman baru bagi ibu-ibu PKK.

Menurutnya, posisi ibu-ibu PKK cukup penting karena dapat langsung menyentuh lapisan masyarakat di tingkat bawah. “Kami harapkan dengan kemampuan public speaking, para ibu-ibu juga dapat membantu pemerintah dalam sosialisasi kebijakan-kebijakan daerah ke masyarakat,” ujar Joko.

Ketua Muda Jakarta, Adib Bukhori mengatakan, kegiatan ini dapat terlaksana berkat dukungan sejumlah pihak, khususnya Kecamatan Kembangan dan Suku Dinas Kebudayaan Kota Jakarta Barat. Selain itu, turut serta dalam acara ini yaitu Lembaga Kebudayaan Betawi (LKB) Jakarta, Rumah Belajar Tiga Siku dan SPM Media, Demo Care, serta Lembaga Pelatihan Inspira.