Contoh batu nisan tulisan batu nisan harga serta bahan batu nisan

Contoh batu nisan tulisan batu nisan harga serta bahan batu nisan

Berikut ulasan tentang  contoh batu nisan tulisan batu nisan harga serta bahan batu nisan yang semoga bisa membantu anda, menjadi referensi  membuat batu nisan makam atau batu nisan kuburan untuk keluarga yang telah tiada.

  1. Contoh batu nisan.

Batu nisan terdiri dari berbagai jenis. Diantaranya jenis batu nisan lempengan, batu nisan kepala, batu nisan bentuk buku, batu nisan full body dan batu nisan patok.

Batu nisan lempengan adalah batu nisan dimana hanya batu lempengan dengan berbagai ukuran dan ditulis nama almarhum, orang tua dan tanggal lahir wafatnya. Sedangkan batu nisan kepala adalah batu nisan lempengan yang sudah di masukan ke dalam dudukan yang penempatan dipemakaman almarhum biasanya diletakan di posisi kepalanya.

Batu nisan kepala bisa berbentuk persegi ataupun berbentuk batu nisan buku atau bentuk batu nisan alquran.

Sedangkan batu nisan full body adalah batu nisan yang selain ada kepala juga sudah termasuk bangunan badannya. Batu nisan full body sering disebut juga kijing. Ukuran batu nisan full body berbeda beda sesuai permintaan konsumen dan usia almarhum.

Untuk batu nisan bayi, batu nisan anak tentu berbeda dengan batu nisan dewasa. Perbedaan ini biasanya terletak pada panjang batu nisan yang dibuat.

Contoh batu nisan yang terakhir adalah batu nisan patok. Batu nisan ini  cara pemasangannya ditancapkan ke posisi kepala pemakaman. Ada juga yang membuatnya sekaligus dua. Yang diletakan dikepala dan kaki almarhum.

Baca Juga:

Keteladanan Kyai Ahmad “Peci Merah”

  1. Tulisan dibatu nisan

Tulisan pada batu nisan muslim dan Kristen tentu tidak sama antara satu dan lainnya. Data data yang tertulis baik pada batu nisan Kristen dan batu nisan islam secara garis besar mencakup nama almarhum dan tanggal lahir wafat. Berikut ini contoh tulisan secara detailnya :

  1. Tulisan pada batu nisan muslim.

Tulisan pada batu nisan muslim biasanya pada posisi paling atas ditulis ayat Innalillahi wainna ilaihi Rojiun. Sedangkan dibawah ayat tersebut ditulis nama almarhum, orang tua almarhum serta tanggal lahir wafatnya.

Bagi keluarga yang lupa akan data tanggal lahir wafat, biasanya di batu nisan hanya ditulis nama dan bin nya saja.

  1. Tulisan pada batu nisan Kristen.

Tulisan pada batu nisan Kristen pada posisi paling atas biasanya menggunakan salib yang diapit dua malaikat. Ada pula yang menggunakan foto dibatu nisannya.

Selain nama almarhum disertai tanggal lahir wafat, pada batu nisan Kristen selalu menggunakan ayat ayat yang berhubungan dengan kematian.

Ayat ayat itu seperti : 2 Timotius 4 :7, Yohanes 11 : 25, Filipi 1 : 21 dan lainnya.

  1. Harga batu nisan.

Yang membedakan harga batu nisan adalah ukuran dan jenis bahan baku yang digunakan. Batu nisan lempengan misalnya, tentu batu dengan ukuran kecil akan berbeda harga dengan ukuran yang besar.

Begitupun bahan baku yang digunakan. Ini akan mempengaruhi harga jual sebuah batu nisan. Batu nisan berbahan baku keramik atau granito ini akan lebih murah dengan harga batu nisan menggunakan bahan baku granit marmer.

  1. Bahan batu nisan

Bahan yang digunakan pada pembuatan batu nisan pada umumnya menggunakan bahan keramik, granite dan granit marmer.

Perbedaan kualitas berbeda antara bahan satu dengan lainnya. Penggunaan bahan yang banyak digunakan umumnya adalah granit marmer. Walaupun dari segi harga lebih mahal dari keramik ataupun granito.

Namun dari segi kualitas bahan baku granit marmer akan tahan lama dan tahan dari dampak cuaca. Dimana kita ketahui batu nisan diletakan dialam terbuka yang tentu dampak cuaca hujan angin akan mempengaruhi perubahan batu nisan.

Selain tahan dari dampak cuaca, ketahanan tulisan ukir dan tulisan yang menggunakan bahan baku granit marmer akan tahan lama dan tidak mudah luntur apalagi terhapus.

Ada juga batu nisan  yang menggunakan kayu.  Batu nisan yang menggunakan kayu biasanya batu nisan jenis patok. Batu nisan jenis patok dari kayu biasanya digunakan oleh keluarga almarhum untuk pemakaman yang baru meninggal.

Sebagian wilayah di Indonesia juga ada yang menggunakan bahan batu nisan dari batu alam.

Demikian ulasan tentang  contoh batu nisan tulisan batu nisan harga serta bahan batu nisan yang semoga bisa menjadi referensi anda. Jika anda memiliki niat membangun pemakaman atau akan membuat batu nisan untuk keluarga yang telah mendahului, saran kami serahkan saja pada ahlinya.

Kancil nisan sebagai penyedia pelayanan pembuatan batu nisan yang telah berpengalaman siap membantu mewujudakn niat membangun pemakaman keluarga anda.

Selain hasilnya bisa memuaskan, kesibukan dan kegiatan rutinitas anda tak akan terganggu karna semuanya ditangani tim kancil nisan. Hubungi segera 081286354441.

Leave a Reply

Your email address will not be published.