Mau Naik LRT Rp 1, Berikut Syarat dan Ketentuannya

Simak Enam Langkah yang Harus Dipenuhi

Ilustrasi (Foto: Dok KAI Commuter)
banner 468x60

PECIMERAH.COM – Kabar gembira untuk Anda pengguna jasa transportasi publik. Sebab, LRT Jabodebek akan melaksanakan uji coba dengan penumpang secara terbatas atau pada 12 Juli-15 Agustus 2023 dengan tarif Rp 1.

Pendaftaran bagi masyarakat yang ingin ikut mencobanya pun sudah dibuka mulai hari ini, Senin, 10 Juli 2023. Berikut penjelasan dari otoritas LRT agar warga dapat naik kereta tersebut hanya dengan tarif Rp 1.

Kuswardojo, Manajer Public Relations KAI Divisi LRT Jabodebek mengatakan, pada uji coba ini terdapat tiga titik keberangkatan. Masing-masingnya yaitu, Stasiun Harjamukti Cibubur, Stasiun Jatimulya Bekasi, dan Stasiun Dukuh Atas Jakarta.

Dalam satu kali perjalanan akan ada 150 penumpang yang bisa diangkut sehingga kuota peserta uji coba LRT Jabodebek sebanyak 600 orang per hari. “Dalam sehari kita siapkan 4 perjalanan dengan 150 penumpang setiap perjalanannya. Jadi kurang lebih ada 600 orang dalam setiap perjalanannya,” ujar Kuswardojo dalam keterangan resminya, Senin (10/7/2023).

Lantaran kuota peserta uji coba terbatas, dia mengimbau masyarakat yang sudah mendapatkan kesempatan ikut uji coba untuk tidak mendaftar lebih dari satu kali.

Kuswardojo menjelaskan, pendaftaran akan dilakukan secara online melalui alamat website yang akan diumumkan di media sosial resmi LRT Jabodebek, yakni Instagram @lrt.jabodebek, Youtube: @irtjabodebek, dan Tiktok @lrtjabodebek.

“Mereka bisa lihat di sana (media sosial resmi LRT Jabodebek), kita akan menyematkan link pendaftaran. Link pendaftaran itu nanti bisa diklik,” ucapnya.

Setelah tautan diklik, calon peserta uji coba akan diminta untuk melengkapi formulir pendaftaran. Kemudian, pihak LRT Jabodebek akan menyeleksi calon peserta yang dapat mengikuti uji coba.

Setelah mendaftar, calon peserta tinggal menunggu konfirmasi dari LRT Jabodebek yang berisikan informasi mengenai jadwal keberangkatan seperti waktu, tanggal, hingga stasiun keberangkatan. Saat pendaftaran, calon peserta dapat memilih stasiun keberangkatan yang terdekat dari lokasinya.

“Setelah dapat konfirmasi jangan lupa konfirmasi itu ditunjukkan kepada petugas yang ada di stasiun ketika hendak melakukan perjalanan. Karena nantinya apabila tidak mendapatkan konfirmasi mohon maaf tidak bisa mengikuti perjalanan soft launching,” jelasnya.

Dilansir dari @lrt_jabodebek, berikut alur pendaftaran uji coba LRT gratis

  1. Isi formulir/google form yang tersedia di link pendaftaran
  2. Tunggu Konfirmasi dari Tim LRT Jabodebek terkait jadwal perjalanannya
  3. Penumpang wajib menunjukan bukti konfirmasi yang diterima melalui SMS/WHATSAPP/EMAIL dari pihak LRT Jabodebek kepada petugas stasiun
  4. Penumpang wajib membawa Uang Elektronik/KMT yang masih berlaku
  5. Para penumpang dilarang makan dan minum di dalam kereta
  6. Bersedia mengikuti rute perjalanan yang Sudah ditentukan oleh pihak LRT Jabodebek