Jelang Idul Adha, Jokowi Tinjau Pasar di Bogor

Pemerintah Proyeksikan Harga Tetap Stabil

Presiden Joko Widodo (Foto: Dok Setkab RI)
banner 468x60

PECIMERAH.COM – Pemerintah memastikan harga bahan kebutuhan pokok masih tetap stabil menjelang Idul Adha 1444 H. Untuk itu, Presiden Joko Widodo pun meninjau langsung ke sejumlah pasar tradisional untuk memastikan kestabilan harga.

Pada Rabu (21/6/2023), orang nomor wahid di Indonesia itu mengunjungi Pasar Tohaga Parung dan Pasar Parungpung, Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat. Dalam kunjungan tersebut, Jokowi memastikan bahwa harga sejumlah kebutuhan pokok tetap stabil menjelang Idul Adha yang ajan jatuh pada Kamis (29/6/2023) depan.

“Ya harga baik, harga baik. Tadi harga bawang merah turun sedikit, daging ayam juga harganya baik, baik itu untuk peternak dan untuk konsumen—masyarakat baik, saya kira stabilitas harga masih bisa (terkendali). Minyak tadi juga sama masih Rp14 ribu saya kira baik,” ujar Jokowi.

Menurut dua, stabilitas harga jelang lebaran Idul Adha 1444 H masih baik. Namun, Jokowi mengaku akan terus melakukan pengecekan harga guna menjaga tingkat inflasi kebutuhan bahan pokok.

Jokowi bilang, menjaga keseimbangan harga bahan pokok tidaklah mudah. “Kadang-kadang kan memang seperti itu, daging ayam kadang baik, telur kadang naik, tapi juga anjlok kadang, ini kan kalau naik peternak senang banget tapi pembelinya pasti menyampaikan keluhan. Tapi kalau turun peternaknya pasti ngeluh, menjaga keseimbangan itu tidak mudah,” ujar Presiden.

Oleh sebab itu, perlu terus pemantauan perkembangan stabilitas harga di pasar. Supaya tidak kehilangan kendali terhadap inflasi terhadap harga-harga yang ada di pasar. Khususnya bahan baku, bahan pokok.

Selain meninjau harga bahan pokok, Presiden Jokowi juga menyerahkan sejumlah bantuan dan sembako kepada para pedagang. Presiden menyebut, bantuan tersebut digunakan sebagai tambahan modal usaha para pedagang. “Ya biasa untuk tambahan-tambahan, tambahan modal untuk pedagang,” ujar Jokowi.