Tahun Ini, 146 Sekolah SD dan SMP Swasta di Tangerang Gratis 

Pemkot Tanggung Biaya Mulai dari Uang Pangkal

Ilustrasi anak sekolah (Foto: Dok DPRD Kediri)
banner 468x60

PECIMERAH.COM – Kabar gembira bagi Anda yang kesulitan dalam biaya pendidikan. Sebanyak 146 sekolah tingkat dasar dan menengah pertama swasta di Kota Tangerang akan digratiskan mulai tahun ajaran baru 2023/2024.

Arief R Hermansyah, Walikota Tangerang mengatakan, program gratis untuk sekolah swasta merupakan upaya untuk mengatasi permasalahan yang kerap muncul di masa penerimaan peserta didik baru. Pemerintah akan menanggung biaya pendidikan dan akan diberlakukan untuk 146 sekolah swasta.

Adapun pembiayaan di sekolah swasta tersebut yang akan menjadi tanggungn Pemkot Tangerang meliputi uang pangkal, SPP, ujian, ulangan, dan iuran praktek selayaknya biaya di sekolah negeri. “Di (sekolah) negeri maupun swasta, kualitas pendidikannya sudah sama-sama baik dengan standar kurikulum yang juga sama,” ujar dia sebagaimana dikutip dari laman resminya, Rabu (7/6/2023).

Sedangkan rincian sekolah mana saja yng akan digratiskan meliputi 73 sekolah dasar (SD) atau madrasah ibtidaiyah (MI) dan 73 sekolah menengah pertama (SMP) atau madrasah tsanawiyah (MTs).

Menurut Arief, dengan banyaknya jumlah sekolah swasta yang digratiskan, masyarakat diharapkan tidak perlu lagi merasa risau untuk menyekolahkan putra-putrinya. Sebab, selama ini banyak keluhan masyarakat terhalang faktor zonasi di sekolah negeri.

Alhasil, mereka hanya punya pilihan di sekolah swasta. Padahal, “Seyogianya sekolah negeri menjadi sekolah bagi masyarakat yang kurang mampu, sedangkan yang mampu diharapkan bisa menyekolahkan anaknya di sekolah swasta,” ujar Arief.