Kuartal-1 2023, Setoran Pajak Bangunan di Tangerang Capai Rp 378 Miliar

Naik 57,5% Ketimbang Tahun 2022 Lalu

Ilustrasi uang (Foto: Dok Kemenkeu RI)
banner 468x60

PECIMERAH.COM – Penerimaan pajak daerah Kabupaten Tangerang dari sektor PBB-P2 dan BPHTB pada Triwulan pertama tahun 2023 mencapai Rp 378 miliar. Jumlah tersebut naik 57,5% ketimbang pencapain pajak bagunan pada tahun lalu di periode yang sama sebesar Rp 240 miliar.

Allhamdulillah penerimaan pajak pada sektor PBB-P2 dan BPHTB ini mengalami pertumbuhan, pada triwulan pertama saja kalau di kalkulasi pada kedua sektor tersebut sudah berada kurang lebih di angka Rp 378 miliar,” kata Slamet Budhi, Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Tangerang dalam rilisnya pertengahan April lalu.

Pertumbuhan perolehan pajak ini memperlihatkan aktivitas perekonomian di Kabupaten Tangerang ini kian membaik. Apalagi penyerapan anggaran pada tiga bulan pertama tahun ini juga mencatatkan rekor terbesar.

Slamet menjelaskan, pada Januari-Maret 2022, penerimaan pajak dari sektor PBB-P2 dan BPHTB hanya mencapai Rp 240 miliar. Sehingga, pencapaian tahun ini mengalami pertumbuhan yang sangat baik, yakni sejumlah Rp 138 miliar.

Adapun rincian pencapaian pajak bangunan pada Kuartal-1 2023 yakni, PBB-P2 sejumlah Rp 63 miliar, dan BPHTB sebanyak Rp 315 miliar. “Diharapkan hal tersebut dapat memberikan kontribusi dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat khususnya di Kabupaten Tangerang,” ujar Slamet.

Dwi Chandra Budiman, Kepala Bidang Pajak Daerah PBB-P2 dan BPHTB mengatakan, pihaknya mengapresiasi seluruh wajib pajak yang telah membayar pajaknya tepat waktu. Lewat pendapatan daerah ini, masyarakat juga dapat berkontibusi langsung untuk meningkatkan nilai pertumbuhan ekonomi diwilayah Kabupaten Tangerang.

“Jadi ketika wajib pajak taat membayar pajak, ada beragam manfaat yang dirasakan kembali oleh masyarakat. Mulai dari fasilitas pendidikan yang menjadi lebih baik, fasilitas kesehatan yang lebih memadai, fasilitas umum dan infrastruktur yang lebih maju dan sektor-sektor lainya juga turut maju dan berkembang,” kata Dwi.

tag :