Pemkot Tangerang Akan Buka PPDB 2023/2024 Dalam Dua Tahap

Orang Tua Diharapkan Menyiapkan Dokumen Persyaratan

Ilustrasi anak sekolah (Foto: Dok DPRD Kediri)
banner 468x60

PECIMERAH.COM – Pemerintah Kota Tangerang menyatakan tengah mempersiapkan proses pendaftaran penerimaan peserta didik baru (PPDB) tahun pelajaran 2023/2024. Rencananya, tahap I untuk jenjang SD dimulai pada tanggal 12 Juni 2023 sedangkan jenjang SMP mulai 26 Juni mendatang.

Jamaluddin, Kepala Dinas Pendidikan Kota Tangerang mengatakan, pendaftaran tahap pertam untuk jenjang SD akan dimulai pada tanggal 12 Juni 2023 hingga 20 Juni 2023. yakni, dimulai dengan jalur Afirmasi dan terakhir untuk jalur Zona Luar Kota Tangerang.

Sedangkan, tahap pertama untuk PPDB jenjang SMP rencananya akan dimulai pada tanggal 26 Juni 2023 dan ditutup pada 11 Juli 2023 depan.

“Untuk pendaftaran tahap II jenjang SD, dibuka pada tanggal 22 hingga 23 Juni 2023 dan hanya jalur zona wilayah, sedangkan untuk jenjang SMP dibuka pada tanggal 13 Juli 2023 untuk jalur prestasi nilai rapor domisili dalam kota saja,” kata Jamaluddin dalam keterangan persnya.

Berdasarkan Petunjuk Teknik Penerimaan Peserta Didik Baru (Juknis PPDB) Tahun Pelajaran 2023/2024 , sejumlah jalur pendaftaran untuk jenjang SD di antaranya adalah jalur afirmasi, jalur pindah tugas orang tua/wali, jalur anak berkebutuhan khusus (ABK), jalur zona lingkungan sekolah, jalur zona wilayah, jalur zona umum atau antarzona wilayah, dan jalur zona luar Kota Tangerang.

“Sedangkan untuk jenjang SMP di antaranya adalah jalur anak berkebutuhan khusus, jalur afirmasi, jalur zonasi, jalur perpindahan tugas orang tua/wali, jalur prestasi yang dilombakan, jalur prestasi nilai rapor domisili dalam kota, dan jalur prestasi nilai rapor domisili luar kota,” jelas Jamaluddin.

Ia menambahkan, para orang tua murid dapat menyiapkan dokumen-dokumen yang dibutuhkan untuk pendaftaran. Para orang tua juga diimbau untuk terus mengupdate informasi terkait PPDB baik melalui website maupun akun media sosial Dinas Pendidikan Kota Tangerang.

“Kami juga mengimbau bagi para orang tua untuk menyiapkan dokumen yang dibutuhkan saat pendaftaran PPDB dimulai,” ujanya.

tag