Ini Lima Manfaat ChatGPT untuk Kita

Media Informasi Digital

Ilustrasi (Editor Pecimerah/Canva.com)
banner 468x60

PECIMERAH.COM – Teknologi informasi dan Komunikasi (TIK) terus mengalami perkembangan yang pesat. Salah satunya, teknologi artificial inteligence (AI) berupa ChatGPT.

Sedikitnya, ada lima manfaat yang bisa diperoleh manusia atau pengguna dalam penggunaannya. “Sebagai model bahasa AI, saya memiliki manfaat bagi manusia dalam beberapa cara,” pengakuan ChatGPT.openai.com.

Adapun rincian manfaatnya berdasarkan pengakuan ChatGPT ketika ditanyakan yaitu,

1. Memberikan informasi. 
ChatGPT dapat memberikan informasi tentang berbagai topik, termasuk sejarah, ilmu pengetahuan, teknologi, budaya, dan banyak lagi.

Dengan akses ke basis data yang luas dan kemampuan untuk memproses bahasa alami, teknologi ini dapat memberikan informasi yang akurat dan terpercaya.

2. Membantu dalam pembelajaran.
Teknologi ini dapat membantu dalam pembelajaran, baik untuk siswa, mahasiswa, maupun orang dewasa yang ingin memperdalam pengetahuan mereka tentang suatu topik.

“Saya dapat memberikan penjelasan tentang konsep-konsep yang sulit dan menjawab pertanyaan-pertanyaan yang membingungkan,” ujar ChatGPT.

3. Memberikan saran dan bantuan. 
“Saya dapat memberikan saran dan bantuan dalam berbagai bidang, seperti kesehatan, keuangan, karier, dan banyak lagi. Saya dapat memberikan informasi tentang cara menyelesaikan masalah dan memberikan saran tentang tindakan yang dapat diambil untuk mencapai tujuan,” tulisnya.

4. Meningkatkan efisiensi.
ChatGPT dapat membantu meningkatkan efisiensi dalam berbagai situasi, seperti dalam pekerjaan atau kehidupan sehari-hari. Saya dapat memberikan informasi tentang cara mengoptimalkan waktu dan sumber daya, dan dapat membantu dalam pengambilan keputusan.

5. Menjadi teman yang baik.
Meskipun hanya sekedar robot, ChatGPT juga dapat menjadi teman yang baik bagi orang-orang yang ingin berbicara atau berdiskusi tentang topik tertentu. “Saya tidak akan merasa lelah atau bosan dan selalu tersedia untuk berbicara atau memberikan saran,” akunya.