Saatnya Mengingat Kerabat yang Telah Tiada di Hari Kedua Lebaran  

Ziarah pada Idul Fitri 1444 H

banner 468x60

PECIMERAH.COM – Menjaga silaturahmi atau hubungan baik rupanya tidak cukup hanya kepada sesama yang hidup di hari lebaran, namun juga perlu kepada kerabat yang sudah tiada. Oleh karena itu, banyak kalangan umat Islam yang melangsungkan ziarah kubur, mendoakan sanak saudara yang telah meninggal dunia.

Biasanya, para muslimin di Indonesia termasuk di Jabodetabek rutin melangsungkan ziarah alias kunjungan ke kubur sanak famili yang telah tiada pada hari kedua lebaran Idul Fitri. Contohnya saja di Pemakaman Pulo Taman Aries Kembangan, Jakarta Barat.

Sejak Minggu (23/4/2023) pagi, pemakaman yang berada di komplek Taman Aries tersebut sudah ramai didatangi kaum muslimin. Pekuburan itu telah menjadi tempat peristirahatan terakhir para warga Betawi yang berasal dari sejumlah kampung seperti Kampung Sangrahan, Srengseng, Tiga Suku, serta wilayah lain di Kecamatan Kembangan.

Tak kurang dari 1.000-an warga yang berkunjung ke Pemakaman Pulo Taman Aries. Kepadatan pengunjung ziarah juga terlihat di Pemakaman Kubur Batu, Meruya Selatan, bahkan jalan raya Meruya Ilir terpaksa ditutup sebagaian demi memenuhi kebutuhan parkir kendaraan para peziarah.

Momentum ziarah di hari raya Idul Fitri 1444 H ini juga menjadi keberkahan tersendiri para pengurus pekuburan serta pedagang kembang dan air mawar.

Ziarah di Hari Pertama

Di beberapa Kampung Betawi dan wilayah lain, kegiatan ziarah juga banyak yang dilakukan sejak hari pertama lebaran. Misalnya saja di Taman Pemakaman Umum (TPU) Tegal Alur, di Jalan Benda Raya, Kelurahan Tegal Alur, Kalideres, Jakarta Barat, yang dipadati warga pada hari pertama Idul Fitri 1444 H, Sabtu (22/4/2023) kemarin.

Berdasarkan informasi yang diperoleh dari Beritajakarta, para peziarah mulai mendatangi TPU ini usai menunaikan Salat Ied serta bersilaturahmi ke sanak saudara dan tetangga. Hingga siang hari saja, terdapat 1.500 pengunjung yang lalu lalang ke lokasi tersebut, dan menjelang petang kepadatan justru semakin tampak.

Wawin Wahyudi, Kasatpel Dishub TPU Tegal Alur mengatakan, pihaknya siap berjaga ekstra untuk mengantisipasi banyaknya pengunjung khususnya pada hari pertama dan kedua lebaran Idul Fitri 1444 H. Sebab, padatnya jumlah pengunjung dan tanpa pengaturan dari petugas akan berdampak pada gangguan lalu lintas alias kemacetan.

Nah, untuk mengantisipasi hal tersebut, puluhan petugas gabungan mulai dari Sudin Pertamanan dan Hutan Kota, Dishub, Satpol PP, TNI dan Polisi sudah disebar pada beberapa titik di sekitar lokasi TPU. “Peziarah terus berdatangan dan akan berlanjut pada hari kedua lebaran,” ujar Wawin.