Pemprov DKI Jakarta : Kami Merasa Kehilangan KH Munahar Muchtar

Berita Duka

Wakil Presiden RI KH Maruf Amin Bertakziah ke almarhum KH Munahar Muchtar (Foto: Dok Wapres RI)
banner 468x60

PECIMERAH.COM – Kabar duka menyelimuti kalangan umat Islam di Jakarta dan sekitarnya. Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jakrta KH Munahar Muchtar tutup usia pada Jumat (31/3/2023) pukul 23.30 WIB di Rumah Sakit Pusat Pertamina.

Penjabat Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono beserta rombongan turut menggelar takziah ke rumah duka pada keesokan harunya. Turut mendampingi Heru, Deputi Gubernur DKI Jakarta Bidang Budaya dan Pariwisata, Marullah Matali dan sejumlah jajaran dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta.

“Mudah mudahan kiprah KH Munahar Muchtar semasa hidup dicatat sebagai sebuah kebaikan untuk dibawa pulang ke alam barzah. Kami merasa kehilangan dengan meninggalnya beliau,” ujar Marullah Matali Sabtu (1/4/2023).

Marullah selaku pribadi juga bersaksi KH Munahar Muchtar adalah orang baik. Ia pun mengenang sosoknya yang pernah bersama menunaikan ibadah Haji bersama.

Selain dalam akan pengetahuan agama Islam, Kyai Munahar juga merupakan sosok yang peduli akan perkembangan budaya Betawi. Bahkan, dua pekan sebelumnya ia smepat dilantik sebagai Ketua Umum Yayasan Warga Kaum Betawi.

“Saya menyaksikan sendiri almarhum KH Munahar Muchtar menuntun jamaah untuk menjadi Haji Mabrur. Tidak ada balasan lain, kecuali surganya Allah. Saya menyaksikan bahwa yang disampaikan KH Munahar Muchtar, sesuatu kebaikan untuk kemajuan,” imbuh Martullah.

Naman Setiawan, Camat Kalideres bilang, jenazah KH Munahar Muchtar akan dikebumikan di tanah makam keluarga di Kampung Lamporan, Jalan Semanan Raya, Kalideres, Jakarta Barat. “Beliau ulama dan mubaligh yang dicintai umat dan turut membawa harum wilayah kami di Kalideres,” tandasnya.